Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala melaksanakan Kegiatan Kuliah Umum Profesor dari Departemen of Social and Human Environment Universitas Nagoya Jepang

Flyer

Banda Aceh, 27 Agustus 2022

Sekitar seratus mahasiswa Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala dan sejumlah Dosen Prodi Agribisnis USK Fakultas Pertanian USK menghadiri kuliah umum dari Universitas Nagoya dengan Tema " Paradoks dari Tema Build Back Better dalam program Rehab Rekon setelah gempa dan tsunami: Perbandingan Aceh dan Jepang" .

Pemateri dalam Kuliah Umum ini ialah Prof. Makoto Takashi dan Prof. Kenji Murai dari Departemen (Jurusan) Sosial dan Lingkungan Manusia (Social and Human Environment) Universitas Nagoya.

Makoto mengatakan bahwa terdapat perbedaan mencolok antara rehab rekon di Aceh dan di Jepang, khususnya dalam dua kota yang menjadi titik sentra riset Beliau, dimana di Aceh sangat pesat dan melihat juga aspek perubahan sosialnya , sedangkan di Jepang lebih difokuskan pada pembangunan infrastrukturnya dibanding sosialnya.

Bertugas sebagai moderator dalam kegiatan ini ialah Dr.Irfan Zikri,SP, MA dan Virda SP, M.Agric yang juga Dosen Prodi Agribisnis bertindak sebagai penterjemah presenter.

Pemateri

Ketua Prodi Agribisnis FP USK, Dr.Ir.Indra Zainun, M.Si mengatakan :
" Kita menyambut baik kedua sense dari jepang. Materi yang mereka sampaikan sangat bagus, ini memberikan pengetahuan kepada kita bagaimana jepang yang notabennya suatu negara maju, namun masih terdapat banyak sekali kendala dalam membangun kembali pasca bencana tsunami disana. Akibat, hingga hari ini belum terlihat hasil pembangunan yang lebih baik disana. Kondisi ini berbeda dengan aceh, sudah sangat terlihat pembangunan yg lebih baik pasca tsunami, terutama dibidang infrastruktur, pendidikan, dan ekonomi. Jika diperlukan, kita siap membantu mereka utk melakukan survey lapangan terkait pembangunan aceh pasca tsunami. Lebih jauh lagi kita siap melakukan perjanjian kerjasama (MoA) dengan lembaga mereka dan tentunya kolaborasi riset kedepannya sebagai salah satu bentuk implementasi MoA tersebut."

Peserta 1

Selain Mahasiswa dan Dosen Prodi Agribisnis Kuliah Umum ini turut dihadiri oleh Peneliti Pusat Riset Pembangunan Pedesaan Berkelanjutan Fakultas Pertanian USK, Dr. Monalisa, SP, M.Si