Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran

Visi

Menjadi Program Studi Agribisnis (PS Agribisnis) sebagai pusat penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat yang handal dan terkemuka di bidang agribisnis dan pembangunan pertanian berbasis sumberdaya dan kearifan lokal secara nasional dan regional pada Tahun 2020.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan bidang agribisnis dan pembangunan pertanian berbasis sumberdaya dan kearifan lokal sesuai dengan kebutuhan masyarakat lokal, nasional dan regional.
  2. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan inovasi dibidang agribisnis dan pembangunan pertanian melalui penelitian yang berbasis sumberdaya dan kearifan lokal sesuai kebutuhan stakeholder.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat di bidang agribisnis dan pembangunan pertanian sesuai kebutuhan stakeholder.
  4. Mengembangkan counter agribisnis sebagai wadah implementasi ilmu pengetahuan dan inovasi serta networking bidang agribisnis dan pembangunan pertanian baik lokal, nasional maupun regional.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan bidang Agribisnis yang kompeten, profesional, mandiri, dan bertaqwa kepada Allah Yang Maha Esa sehingga mampu berperan dalam pembangunan pertanian.
  2. Menghasilkan ilmu pengetahuan dan inovasi yang unggul bagi pengembangan agribisnis dan pembangunan pertanian berkelanjutan.
  3. Mengembangkan counter agribisnis sebagai wadah dalam implementasi dan penyebarluasan ilmu pengetahuan dan inovasi di bidang agribisnis kepada pemangku kepentingan.
  4. Menerapkan manajemen mutu terpadu dalam penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat yang efektif, partisipatif, transparan dan akuntabel.

Sasaran yang ingin dicapai

  1. Menjadi salah satu institusi penghasil lulusan yang handal di bidang agribisnis pada tahun 2020.
  2. Operasionalisasi sistem dan prosedur perencanaan dan pengelolaan Program Studi Agribisnis menjadi efektif dan efisien.
  3. Citra Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala semakin kredibel.
  4. Kerjasama bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi semakin berkembang
  5. Akuntabilitas dan transparansi dalam pengelolaan Program Studi Agribisnis semakin meningkat.