Fasilitas

Program Studi Agribisnis (PSA) terdiri dari 3 kelompok ruang yang diperuntukkan bagi berbagai jenis kebutuhan. Kelompok pertama adalah ruang bagi staf administrasi yang terletak di depan pintu  masuk, kedua adalah ruang yang diperuntukkan bagi staf pengajar pria dan yang terakhir adalah kelompok ruangan bagi staf pengajar wanita.

Dosen pria memiliki ruang kerja yang diisi oleh dari 3 sampai 4 dosen ruang tipe ini berjumlah 3 buah. Ada juga ruang kerja dosen pria yang diisi oleh 2 orang dosen sejumlah 2 ruangan.

Kelompok dosen wanita menempati ruang kerja yang terdiri dari 2 orang dosen dalam satu ruang. Ruang tipe ini berjumlah sebanyak 5 ruangan.

Di tengah kantor PSA terletak satu ruang yang dapat isi oleh lebih dari 4 orang dosen, ruang ini dipergunakan untuk berbagai kebutuhan antara lain membimbing mahasiswa juga konsultasi dan menerima tamu. Selain untuk mengerjakan tugas, ruang kerja dosen hanya diperuntukkan bagi konsultasi saat bimbingan mahasiswa maupun konsultasi terhadap dosen wali.

Perpustakaan

PSA memiliki fasilitas perpustakaan sendiri yang terletak bersebelahan dengan kantor jurusan. Ruang ini dilengkapi oleh sejumlah literatur yang berupa buku, jurnal, laporan penelitian dosen, skripsi dan sejumlah literatur lain yang berkaitan dengan keilmuan pertanian dan sosial ekonomi pertanian. Perpustakaan PSA buka setiap hari kecuali hari Sabtu dari pukul 09.00 WIB s/d pukul 14.00 WIB. Selain untuk keperluan membaca dan mencari sejumlah bahan bacaan, perpustakaan ini juga digunakan sebagai tempat berdiskusi dan belajar bersama oleh mahasiswa PSA. Fasilitas AC dalam perpustakaan sangat mendukung bagi kenyamanan mahasiswa dalam melakukan aktivitas di ruang pustaka.

Selain pustaka milik prodi, mahasiswa PSA juga dapat mengakses literatur secara lengkap di pustaka pusat Unsyiah. Gedung pustaka ini terdiri dari tiga lantai juga dilengkapi dengan fasilitas AC, internet katalog online, CD Room. Untuk saat ini pustaka Unsyiah juga telah memiliki Korean Corner yaitu semacam ruang khusus untuk para mahasiswa dan pengunjung pustaka yang tertarik ingin mengetahui tentang kebudayaan korea. Di ruang ini disediakan brosur – brosur dan buku yang menyediakan sejumlah informasi tentang Korea.

Ruang Kuliah

Ruang kuliah mahasiswa PSA berlokasi di dua gedung yang berbeda. Pertama, yang berlokasi di gedung FPB (Fakultas Pertanian Baru), ruang kelas ini berada di lantai 3. Beberapa ruang kelas di FPB berukuran sedang (kapasitas 40 orang mahasiswa), namun ada juga yang dapat diisi oleh sekitar 80 orang mahasiswa. Fasilitas yang tersedia di ruang kuliah ialah; papan whiteboard,stop kontak listrik, lampu, kipas angin serta layar LCD. Gedung kuliah PSA yang kedua adalah berada di gedung Dekanan dan administrasi Fakultas Pertanian, yang biasa disebut dengan gedung Type C. Ruang kuliah di gedung ini terletak di lantai 1 dan 3. Fasilitas yang dimiliki di ruang kuliah ini ialah AC, infokus (LCD), stop kontak, papan whiteboard dan layar LCD.

Ruang Kepala Prodi

Ruang ketua prodi terletak di sebelah ruang sekretaris jurusan. Fasilitas yang tersedia di ruangan ini ialah, 1 set kursi tamu, 1 meja kerja ketua prodi, 1 rak arsip, 2filling cabinet, 1 unit komputer dan printer serta 1 meja kerja sekretaris ketua prodi. Ruang sekretaris prodi memiliki 1 unit komputer dan i unit printer.

Ruang Administrasi

Ruang administrasi jurusan terletak di depan pintu masuk kantor jurusan. Ruang ini memiliki tenpat penyimpanan arsip, 2 unit meja kerja, dan 1 unit komputer dan printer.

Kebun Percobaan

Kebun percobaan terletak di belakang gedung fakultas pertanian Unsyiah. Kebun ini biasanya digunakan untuk kebutuhan riset dan praktikum yang dilakukan oleh mahasiswa dan dosen.

Laboratorium

PSA juga memiliki laboratorium kelas, yaitu laboratorium ilmu usahatani dan ruang laboratorium statistik. Laboratorium Ilmu Usahatani ini dikepalai oleh seorang dosen senior PSA yang memiliki keahlian ilmu usaha tani. Fasilitas laboratorium ini diperuntukkan bagi keperluan belajar – mengajar mahasiswa dalam bidang sosial ekonomi pertanian.

Ruang laboratorium statistik memiliki sejumlah 20  unit komputer dan AC. Ruang ini diperuntukkan bagi praktikum mahasiswa PSA yang mengambil mata kuliah statistika.

Laboratorium digunakan tidak hanya sebagai sarana belajar dalam bentuk praktikum, melainkan digunakan juga bagi berbagai kebutuhan lainnya, misalnya bagi kebutuhan penelitian dosen dan mahasiswa. Prosedur penggunaan laboratorium diluar aktivitas adalah dengan meminta izin dari kepala laboratorium sehingga kepala laboratorium dan staf dapat mengatur jadwal penggunaan laboratorium.

Ruang Sidang

Saat ujian sidang mahasiswa berlangsung, mahasiswa menggunakan ruang sidang PSA. Fasilitas yang tersedia di ruang ini ialah 1 set infokus, meja sidang dan AC.

Ruang Seminar

Ruang seminar PSA digunakan oleh PSA ketika menyelenggarakan seminar proposal dan seminar hasil skripsi. Ruang ini dilengkapi dengan fasilitas infokus (LCD), layar LCD, AC dan juga sejumlah kursi dengan kapasitas 30 orang mahasiswa.

Ruang Himpunan Mahasiswa

Himpunan Mahasiswa Sosial Ekonomi Pertanian (HIMASEP) memiliki ruang yang digunakan sebagai kantor HIMASEP, luas ruangan itu adalah 16 m2, ruang ini ini digunakan bagi tempat meeting (rapat) dan diskusi mahasiswa (terutama pengurus HIMASEP) .

Selain ruang himpunan, mahasiswa PSA juga memiliki fasilitas toilet, gudang dan juga ruang bersama.

Beberapa fasilitas lain yang dapat digunakan oleh mahasiswa ialah poliklinik, gelanggang mahasiswa dan fasilitas olahraga. Poliklinik sebagai pusat pemeriksaan kesehatan medis bagi mahasiswa dan juga seluruh civitas akademika juga staf Unsyiah dapat diakses pada saat jam kerja poliklinik (pukul 8.00 Wib s/d pukul 15.00 Wib).

Selain AAC Building Center, Unsyiah juga memiliki sebuah hall yang disebut gelanggang mahasiswa Unsyiah. Gelanggang ini awalnya didirikan dengan tujuan tidak hanya untuk penggunaan aktivitas mahasiswa, namun juga digunakan bagi kelangsungan acara wisuda dan beberapa kegiatan ceremonial lainnya. Aktivitas di gelanggang mahasiswa Unsyiah ini sempat terhenti ketika terjadinya pembakaran oleh Orang Tak dikenal (OTK) pada tahun 1999, namun pada saat rehab rekon di Aceh sedang berlangsung yaitu antara tahun 2005 – 2009, gedung gelanggang ini kembali dibangun dengan dana dari beberapa donatur.

Saat ini gelanggang mahasiswa dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk sejumlah kegiatan, yaitu; olahraga (beladiri), latihan kesenian (sebagai pusat kantor UKM  Seni Putroe Phang) dan juga aktivitas Senat Mahasiswa (Pemerintahan Mahasiswa) UNSYIAH.

Unsyiah memiliki fasilitas olahraga berupa stadion (lapangan sepak bola)  dimana mahasiswa PSA sering mengadakan latihan dan pertandingan sepakbola. Fasilitas lain untuk olahraga yang umum digunakan oleh mahasiswa PSA adalah lapangan bola volly dan bola basket yang terletak di belakang gelanggang mahasiswa Unsyiah.