SOP Proses Pembelajaran

STANDARD OPERATION PROCEDURE (SOP) AKADEMIK

No:

 

SOP

PROSES PEMBELAJARAN

 

 

Tanggal: 1 Januari 2011

Rev: 1

Ditetapkan Ketua Jurusan

Dr. Ir. Agusabti, MSi.

 

1. TUJUAN

1.Untuk memberikan penjelasan mengenai prosedur penetapan koordinator dan anggota tim setiap mata kuliah.

2.Untuk memberikan penjelasan mengenai tugas dan tanggung jawab koordinator dan anggota tim.

3.Untuk memberikan penjelasan mengenai proses pembelajaran.

 

2.RUANG LINGKUP

1. Penetapan koordinator dan anggota tim setiap mata kuliah

2. Tugas dan tanggung jawab koordinator dan anggota tim

3. Proses pembelajaran.

 

3. DEFINISI

Penetapan koordinator dan anggota tim setiap mata kuliah adalah proses penunjukan koordinator dan anggota tim setiap mata kuliah oleh ketua program studi berdasarkan rapat jurusan.

 

Tugas dan tanggung Jawab koordinator dan anggota tim setiap mata kuliah adalah pembagian tugas dan tanggung jawab diantara koordinator dan anggota tim setiap mata kuliah.

 

Proses pembelajaran adalah proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran

 

4. REFERENSI

1. Buku panduan Program Sarjana (S1) Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala Tahun Akademik 2005 – 2009.

 

5. PROSEDUR

1. Penetapan koordinator dan anggota tim

(1) Penetapan koordinator dan anggota tim setiap mata kuliah ditetapkan oleh ketua program studi berdasarkan rapat jurusan.

(2) Rapat jurusan untuk menentukan penetapan koordinator dan tim dilakukan 2 bulan sebelum kegiatan akademik semester ganjil/genap berjalan.

 2. Tugas dan Tanggung Jawab koordinator dan anggota tim.

(1)  Tugas dan tanggun jawab koordinator:

  • membuat draft garis besar pembelajran sebagai dasar dalam pertemuan dengan seluruh anggota tim (GBPP mata kuliah adalah hasil keputusan bersama koordinator dan anggota tim)
  • Membuat draft pembagian tugas pembelajaran dan sebagai dasar dalam pertemuan dengan seluruh anggota tim (pembagian tugas mengajar mata kuliah adalah hasil keputusan bersama koordinator dan anggota tim)
  • Mengkoordinir pelaksanaan evaluasi I (UTS) dan II (UAS)
  • Bertanggung Jawab mengumpulkan nilai dari setiap anggota tim dan melaksanakan pertemuan dengan seluruh anggota tim untuk menetapkan nilai akhir
  • Menyerahkan nilai akhir kepada pengajaran

(2) Tugas dan tanggun jawab anggota tim:

  • Mengikuti pertemuan dengan koordinator dan seluruh anggota tim untuk memutuskan garis besar pembelajaran
  • Melaksanakan tugas pembelajaran seduai dengan keputuan draft pembagian tugas pembelajaran hasil pertemuan dengan koordinator dan seluruh anggota tim
  • Membuat bahan evaluasi berdasarkan topik kuliah dan hadir pada pelaksanaan evaluasi
  • Bertanggung Jawab menyerahkan nilai angka kepada koordinator dan melaksanakan pertemuan dengankoordinator dan seluruh anggota tim untuk menetapkan nilai huruf akhir

3. Proses Pembelajaran

(1) Koordinator menyiapkan SatuanAcara Pembelajaran Rencana Program dan Kegiatan Pembelajaran Semester (RPKPS) atau Garis Garis Besar Program Pembelajaran (GBPP) dan Satuan Acara Perkuliahan (SAP)

(2) Materi Mata Kuliah (Modul/Presentasi)

(3) Menetapkan pembagian jadwal perkuliahan bagi dosen

 

Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala
Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian
Ketua Jurusan,

 

Dr. Ir. Agussabti, Msi
NIP. 196804081993031004