IK Proses Pembelajaran

INSTRUKSI KERJA (IK) AKADEMIK

No:

 

SOP

PROSES PEMBELAJARAN

 

 

Tanggal: 1 Januari 2011

Rev: 1

Ditetapkan Ketua Jurusan

Dr. Ir. Agusabti, MSi.

 

I.    TUJUAN

Mengatur aktivitas proses pembelajaran mahasiswa

 

II.   LINGKUP KERJA

Program Studi Agribisnis dan TPMA

 

III.  DISTRIBUSI

  1. Dosen
  2. Mahasiswa
  3. Staff Administrasi

 

IV. REFERENSI

Standard Operating Procedur (SOP) Proses Pembelajaran

 

V.   INSTRUKSI KERJA :

2.1  INSTRUKSI KERJA DOSEN/TIM DOSEN

a. Dosen Koordinator Mata Kuliah mengundang semua Tim Dosen pengampu mata kuliah untuk mendiskusikan kegiatan perkuliahan selama satu semester, diantaranya jadwal, topik dan pengajar.

b. Dosen Koordinator Mata Kuliah menyusun RKPS hasil diskusi Tim Dosen.

c. Dosen Koordinator Mata Kuliah menyerahkan RKPS ke staff administrasi jurusan.

d. Dosen mengajar materi sesuai dengan jadwal dan topik dalam RKPS.

e. Dosen mengevaluasi kehadiran mahasiswa.

f. Dosen   kepada   Tim Dosen  kepada mahasiswa.

g. Dosen Koordinator Mata Kuliah mengkoordinasikan soal‐soal UTS

h. Dosen Mata Kuliah mengkoordinasikan koreksi hasil UTS ke Dosen Koordinator Mata Kuliah

i. Dosen Koordinator Mata Kuliah mengkoordinasikan soal‐soal UAS

j. Dosen Koordinator Mata Kuliah mengkoordinasikan pelaksanaan UAS bersama dengan Tim Dosen Mata Kuliah

k. Dosen Koordinator Mata Kuliah mengkoordinasikan nilai‐nilai mahasiswa (nilai mentah) hasil evaluasi : tugas/PR, kuis, UTS, UAS untuk disiapkan menjadi nilai akhir.

l. Dosen Koordinator Mata Kuliah memasukkan nilai akhir mahasiswa dalam Form Penilaian Nilai Akhir dan menandatangani dokumen tersebut.

m. Dosen Koordinator Mata Kuliah menyerahkan Form DPNA ke bidang akademik Fakultas Pertanian pada rentang waktu nyang telah ditetapkan.

 

2.2  INSTRUKSI KERJA MAHASISWA

a. Mahasiswa harus berpakaian sopan dan rapi

b. Mahasiswa hadir pada waktu dan tempat yang telah dijadwalkan sebagaimana dalam RKPS

c. Mahasiswa aktif mengikuti kegiatan perkuliahan atau proses belajar mengajar.

d. Mahasiswa yang hadir, wajib mengisi absen dengan menanda tangani presensi kehadiran.

 

2.3 INSTRUKSI KERJA STAF ADMINISTRASI

a. Staf mendistribusikan presensi mahasiswa dan dosen melalui koordinasi dengan Bagian Akademik Fakultas untuk semua mata kuliah dalam semester yang bersangkutan.

b. Staf mengingatkan kepada Dosen/Dosen Koordinator Mata Kuliah untuk mengumpulkan RKPS.

c. Staf menerima RKPS dari Dosen Koordinator Mata Kuliah dan memasukkannya dalam folder RKPS.

d. Staf yang bertanggung jawab atas kebersihan kelas, membersihkan kelas sebelum perkuliahan di mulai.

e. Staf yang bertanggung jawab atas peralatan Jurusan (Staf Umum Jurusan), menyiapkan Ruang Kuliah beserta peralatannya (LCD, Presensi Mahasiswa, Spidol, Komputer / Laptop) untuk setiap perkuliahan, dan mengembalikan peralatan tersebut ke tempatnya setelah selesai perkuliahan.

f. Staf yang bertanggung jawab atas presensi dosen mengantarkan presensi dosen ke dalam kelas belajar.

g. yang bertanggung jawab atas presensi mahasiswa (Staf Akademik Jurusan) menerima presensi dari dosen pengajar.

h. Staf Akademik Jurusan mengingatkan dosen yang belum mengisi presensi kehadiran dosen.

i. Staf Akademik Jurusan merekap presensi mahasiswa.

 

Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala
Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian
Ketua Jurusan,

 

Dr. Ir. Agussabti, Msi
NIP. 196804081993031004