IK Pembimbingan Skripsi

INSTRUKSI KERJA (IK) AKADEMIK

No:

 

SOP

PEMBIMBINGAN TUGAS AKHIR (SKRIPSI)

 

 

Tanggal: 1 Januari 2011

Rev: 1

Ditetapkan Ketua Jurusan

Dr. Ir. Agusabti, MSi.

 

I.    TUJUAN

Mengatur proses pelaksanaan pembimbingan tugas akhir mahasiswa

 

II.   LINGKUP KERJA

Program Studi Agribisnis dan TPMA

 

III.  DISTRIBUSI

  1. Dosen
  2. Staf Akademik
  3. Mahasiswa

 

VI.  REFERENSI

Standard Operating Procedure (SOP) pelaksanaan pembimbingan tugas akhir

 

VII. INSTRUKSI KERJA

a. Mahasiswa menghadap kepada dosen pembimbing untuk mendapat persetujuan kesediaan menjadi pembimbing dengan membawa formulir kesediaan.

b. Mengkonsultasikan Usulan penelitian (proposal) atas dasar rencana skripsi yang telah disetujui jurusan dan diajukan pada dosen pembimbing untuk mendapatkan masukan dan persetujuan mengenai rencana penelitian.

c. Setiap kali mahasiswa melakukan konsultasi terhadap skripsi harus membawa kartu konsultasi

d. Waktu untuk menyelesaikan skripsi adalah satu semester, dan apabila belum selesai dapat diperpanjang maksimum satu semester atas persetujuan pembimbing dan ketua jurusan dengan disertai alasan yang dapat dipertanggungjawabkan.

e. Mahasiswa harus melakukan bimbingan skripsi secara periodik sesuai dengan perkembangan penulisannya dengan mengikuti saran dan masukan dari dosen pembimbing

f. Mahasiswa harus melaporkan perkembangan (progress report) dari skripsi yang ditulis paling lama setiap dua bulan.

g. Jika mahasiswa tidak melaporkan perkembangan (progress report) dari skripsinya lebih dari dua bulan, maka pembimbing berhak mengajukan keberatan kepada jurusan untuk menjadi pembimbing mahasiswa tersebut.

h.  Jika mahasiswa belum dapat menyelesaikan skripsi dalam semester bersangkutan, maka mahasiswa harus mendapat persetujuan dosen pembimbing dan ketua jurusan agar dapat memprogram skripsi pada semester yang akan datang.

i.  Jika proses bimbingan sudah berjalan dan penulisan skripsi sudah sesuai dengan standar skripsi maka dosen pembimbing akan memberikan persetujuan tentang skripsi yang telah ditulis mahasiswa tersebut untuk diajukan dalam ujian skripsi. 

 

Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala
Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian
Ketua Jurusan,

 

Dr. Ir. Agussabti, Msi
NIP. 196804081993031004