IK Seminar Reguler

INSTRUKSI KERJA (IK) AKADEMIK

No:

 

SOP

PELAKSANAAN SEMINAR REGULER

 

 

Tanggal: 1 Januari 2011

Rev: 1

Ditetapkan Ketua Jurusan

Dr. Ir. Agusabti, MSi.

 

I.    TUJUAN

Mengatur proses pelaksanaan seminar reguler mahasiswa

 

II.   LINGKUP KERJA

Program Studi Agribisnis dan TPMA

 

III.  DISTRIBUSI

  1. Dosen
  2. Staf Akademik
  3. Mahasiswa

 

IV.  REFERENSI

Standard Operating Procedure (SOP) pelaksanaan seminar reguler

 

V. INSTRUKSI KERJA

a. Staff administrasi jurusan menyiapkan ruangan peralatan seminar serta berkas untuk penilaian, saran, dan revisi proposal yang diseminarkan.

b. Mahasiswa, dosen pembimbing, dan dosen pembahas seminar berpakaian bebas dan rapi.

c. Seminar akan dimulai ketika:

1.  Dosen pembimbing, dosen pembahas, mahasiswa yang persentasi sudah hadir.

2. Seminar dimulai jumlah peserta mahasiswa yang hadir minimal telah mencapai 10 orang.

d.  Dosen koordinator  seminar sebagai moderator seminar membuka seminar.

e. Mahasiswa mempresentasikan materi proposal dengan menggunakan alat bantu OHP/LCD.

f.   Dosen pembahas bertindak sebagai pembahas utama diberi kesempatan pertama untuk menyamapaikan bahasannya setelah mahasiswa selesai presentasi.

g. Mahasiswa lainnya yang hadir bertindak sebagai pembahas umum yang berhak memberikan koreksi, kritik, maupun saran.

h.  Dosen pembimbing mencatat saran perbaikan, kritik, sanggahan yang relevan baik dari dosen pembahas maupun mahasiswa peserta seminar. Saran-saran ini sebagai bahan perbaikan proposal setelah diseminarkan.

i. Dosen pembimbing memberikan penilaian hasil seminar yang dicatat dalam formulir penilaian.

j.  Dosen pembimbing menutup acara seminar.

k.  Petugas administrasi jurusan mengarsip berbagai saran dan penilaian seminar di jurusan.

 

Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala
Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian
Ketua Jurusan,

 

Dr. Ir. Agussabti, Msi
NIP. 196804081993031004