Selamat Datang di Website Program Studi Agribisnis Universitas Syiah Kuala

 

 

Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian USK Adakan Kuliah Umum dan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama

PSA USK 6

Foto Bersama (Sumber Foto Dokumen Prodi Agribisnis)

Sekitar seratus delapan puluh peserta yang terdiri dari mahasiswa dan dosen Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian USK menghadiri kuliah umum dengan Tema "Agribisnis dalam Dunia Kelapa Sawit" dan penandatanganan perjanjian kerjasama. Kegiatan ini berlangsung pada hari Senin, 12 September 2022 di Aula Multi-Purpose Room (MPR) Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala.

Ketua Prodi Agribisnis FP USK, Dr. Ir. Indra Zainun, M.Si mengatakan "kegiatan kuliah umum ini merupakan salah satu bentuk implementasi kerjasama antara Prodi Agribisnis dengan ketiga perusahaan yang hadir dimana telah dilakukan kegiatan MoU sebelumnya antara Universitas Syiah Kuala dan PT Karya Tanah Subur, PT. Fajar Baizuri &Brothers, serta PT. Agro Sinergi Nusantara dan hari ini dilakukan penandatangan perjanjian kerjasama sekaligus implementasi dari perjanjian tersebut”. Ketua Prodi Agribisnis juga mengharapkan besarnya kesempatan keterserapan lulusan Agribisnis pada perusahaan kelapa sawit sehingga waktu tunggu lulusan untuk mendapatkan pekerjaan menjadi lebih singkat.

Bertindak sebagai moderator dalam kegiatan ini ialah Dr. Monalisa, S.P., M.Si yang juga merupakan Dosen Prodi Agribisnis. Pemateri dalam Kuliah Umum ini adalah Ade Supriyatna dari PT. Fajar Baizuri & Brothers, Martuah Nst dari PT. Karya Tanah Subur serta Mahdi Al Haris, S.P., MM dari PT. Agro Sinergi Nusantara.  Dalam kegiatan kuliah umum ini, Bapak Ade selaku Sn. Supervisor PT. Fajar Baizuri & Brothers menyampaikan bahwa produksi CPO Indonesia saat ini tertinggi di dunia mengguguli Malaysia, Colombia dan Nigeria sehingga peluang agribisnis dalam dunia kelapa sawit sangat terbuka luas.

Terkait morfologi, pembibitan, pembudidayaan kelapa sawit serta peraturan-peraturan mengenai keselamatan kerja yang ada di perusahaan kelapa sawit disampaikan oleh Bapak Martuah Nasution yang merupakan Administratur Spesialis di PT. Karya Tanah Subur. Sedangkan narasumber terakhir, Bapak Mahdi Al Haris yang juga Direktur PT. Agro Sinergi Nusantara menyampaikan bahwasanya harga kelapa sawit sangat menjanjikan sehingga perlu dipertimbangkan menjadi lapangan usaha. Mekanisasi dan automatisasi dari sektor perkebunan seperti adanya platform yang dapat digunakan untuk pemasaran kelapa sawit menunjukkan dunia kelapa sawit terus maju mengikuti perkembangan teknologi.

Selain Mahasiswa dan Dosen Prodi Agribisnis Kuliah Umum ini turut dihadiri oleh Ibu Rachmiaty Karim selaku Manager HRGA PT Fajar Baizuri & Brothers serta mahasiswa dari Program Studi lain di Fakultas Pertanian seperti Agroteknologi, Teknologi Hasil Pertanian, Ilmu Tanah serta Proteksi Tanaman. 

Ketua Panitia Kegiatan Bapak Ir. Edy Marsudi sangat antusias dan berterima kasih kepada Para Narasumber yang telah meluangkan waktu serta menyampaikan ilmu yang bermanfaat dan meningkatkan pola pikir kritis untuk mahasiswa Fakultas Pertanian USK.

Kegiatan kuliah umum diakhiri dengan diskusi bersama peserta yang hadir, pembagian doorprize serta penyerahan plakat dan sertifikat kepada para narasumber.

 

PSA USK 1

 PSA USK 3

 

PSA USK 4

 

PSA USK 5